Menghitung berat badan dengan lingkar dada sapi

Oleh karena itu, ilmu peternakan sangat berperan. Berikut ini adalah rumus Scroll: Hasilnya rumus Scheiffer dan Lambourne lebih mendekati berat real sapi sebenarnya dengan tingkat kesalahan di bawah 10 persen.

Cara Menghitung Berat Badan Sapi. Perbedaan tersebut akan menjadikan komposisi tubuh atau frame size ternak berbeda Field dan Taylor, Tapi pada kali ini saya tidak menjelaskan rumusnya namun dengan mengggunakan tabel. Namun bagaimana jika skala kepemilikan kita kecil dan dalam proses merintis usaha.

Di dalam peternakan besar biasanya sudah disediakan timbangan khusus untuk sapi. Karkas sapi berkisar persen dari bobot hidupnya dan daging 75 persen dari karkas.

Banyak sekali penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuan untuk memperikan atau menaksir cara menghitung bobot badan sapi hidup. Nah untuk mencari volume tabung, harus diketahui luas, alas dan tinggi.

Bobot badan sapi merupakan salah satu indikator produktivitas ternak yang dapat diduga berdasarkan ukuran linear tubuh sapi Kadarsih, Karena keakuratan penaksiran sapi akan berhubungan erat dengan karkas maupun daging sapi yang akan didapatkan saat sapi tersebut dipotong.

Bila dicermati, penampang tubuh kerbau, sapi dan domba menyerupai bentuk geometris berupa tabung. Sedangkan rumus Schoorl tingkat kesalahannya mencapai 22,3 persen.

Metode Scroll yaitu metode ini dengan mengukur lingkar dada si sapi. Semoga Bermanfaat. Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan. Ternak hidup atau daging sapi adalah hasil produk yang biasa kita dapatkan dalam usaha peternakan khususnya penggemukan sapi potong.

Untuk domba persentase karkasnya sekitar 45 persen dan dagingnya 75 persen dari karkas. Umur ini amat penting untuk mendapatkan daging yang renyah dan marbling baik.

Cara mudah menaksir bobot sapi sangatlah mudah, hanya dibutuhkan tali dan kalkulator bisa menggunakan HP yang ada fasilitas kalkulatornya. Sedangkan Metode Winter yaitu dengan mengukur lingkar dada dan panjang badan.

Di pasar hewan, timbangan ternak ini tak dijumpai.

CARA MENGETAHUI BERAT BADAN SAPI BALI DENGAN UKURAN LINGKAR DADA

Adapun panjang badan bisa diukur mulai dari bahu hingga penonjolan tulang duduk. Untuk domba persentase karkasnya sekitar 45 persen dan dagingnya 75 persen dari karkas.

Melalui berbagai percobaan, para ahli akhirnya menemukan rumus untuk menghitung bobot ternak. Dalam artikel ini penulis hanya akan sedikit berbagi informasi cara mengetahui berat badan sapi dan khususnya sapi Bali. Panjang badan diukur mulai dari siku sampai benjolan tulang tapis.

Penentuan frame size menurut Field dan Taylor dapat ditentukan berdasarkan nilai parameter tubuh ternak tersebut. Rumus itu dinamai namanya sendiri rumus Schoorl yaitu: Sedangkan untuk yang sudah mahir, mereka biasa menaksir cukup dengan melihat visual sapi.

Dengan demikian pengetahuan menaksir bobot sapi, karkas dan daging perlu diketahui. Kalau di perusahaan besar, bobot sapi dan kerbau biasa ditimbang dengan timbangan ternak. Panduan Mengukur Sapi. Atau bagi pedagang juga dapat dijadikan perbandingan harga apakah hewan yang dibeli terlalu mahal atau tidak dibanding harga pasaran.

Dengan memperoleh angka taksiran bobot hidup, maka persentase karkas dan daging dapat segera diketahui. Inilh hasil dari pengalaman selama bertahun-tahun. Sementara panjang badan diukur dari bahu hingga penonjolan tulang duduk. Penentuan berat badan sapi dapat dilakukan dengan beberapa rumus yaitu: Di negara kita, umumnya peternak menjual ternaknya dalam keadaan hidup dengan pekiraan atau taksiran bobot ketika akan disembelih.

Pada perusahaan peternakan yang mempunyai populasi ternak banyak tidak menjadi masalah untuk membeli timbangan ternak. Atau jika ingin menerima pembaharuan artikel kami setiap hari ke email Sobat, silahkan ketik email sobat di kolom yang tersedia di bawah ini: Informasi pemesanan dapat menghubungi kami di Semoga Bermanfaat….Sebut saja, Schoorl menemukan rumus untuk mengetahui berat badan dengan cukup mengetahui satu komponen, yakni lingkar dada.

Rumus itu dinamai namanya sendiri rumus Schoorl yaitu Bobot Badan (kg) = {lingkar dada (cm) + 22} dikuadratkan dibagi Author: Shinjeiku Life Stail. Dalam hal ini, lingkar dada hewan dapat diasumsikan sebagai luas alas bangun lingkaran dan panjang badan sebagai tinggi. Lingkar dada diperoleh dengan melingkarkan seutas tali di belakang gumba melalui belakang belikat.

Pendugaan berat badan sangat penting dilakukan oleh para pemilik ternak untuk mengetahui bobot tubuh ternak. Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan.

Sedangkan bagi peternak rakyat, biasanya menghitung berat badan sapi menggunakan rumus-rumus yang ditemukan oleh para ilmuan untuk memperkirakan atau menaksirkan bobot badan sapi. Dimana Rumus Scroll dan Rumus Winter merupakan rumus yang paling sering digunakan. Rumus Scrool sendiri merupakan rumus yang dihitung dari ukuran lingkar dada, sedangkan Rumus Winter dihitung dari Author: Taryono.

Sedangkan Metode Winter yaitu dengan mengukur lingkar dada dan panjang badan. Untuk mengukur linkar dada sapi, alat yang biasa digunakan adalah seperti pita meter. Cara mengukurnya dengan melingkarkan pita meter tepat di belakang siku kaki depan si sapi.

Mengetahui berat badan sapi merupakan pengetahuan yang penting bagi peternak.

CARA MENGUKUR BOBOT BADAN TERNAK TANPA MENGGUNAKAN ALAT TIMBANG

Hal ini dapat berfungsi sebagai indikator keberhasilan manajemen pemeliharaan ternak yang kita pelihara. Selain itu, mengetahui berat badan sapi juga penting agar peternak tidak mengalami kerugian saat akan menjual atau akan membeli ternak sapi.

Menghitung berat badan dengan lingkar dada sapi
Rated 5/5 based on 1 review